Apa Saja Penyebab Penyakit Stroke ?

Apa Saja Penyebab Penyakit Stroke ?

 Apa Saja Penyebab Penyakit Stroke ?

Penyakit stroke adalah jenis penyakit yang mengganggu aliran darah ke otak. Hal ini sering kali mengakibatkan tersumbatnya aliran darah menuju otak. Ketika hal tersebut terjadi, sel-sel otak kekurangan oksigen dan mulai mati. Ketika sel-sel otak mati, kemampuannya kemudian dikendalikan oleh daerah otak seperti memori.

Dilihat dari sebabnya, penyakit stroke dapat terbagi menjadi 3 jenis, diantaranya :

Stroke dapat disebabkan baik oleh gumpalan menghalangi aliran darah ke otak (disebut stroke iskemik ) atau dengan pecah pembuluh darah dan mencegah aliran darah ke otak (yang disebut hemorrhagic stroke ). Sebuah TIA (transient ischemic attack), atau "mini stroke yang", disebabkan oleh gumpalan sementara.

1. Stroke iskemk

Stroke iskemik adalah bentuk paling umum dari stroke, akuntansi untuk sekitar 85% dari stroke. Jenis stroke disebabkan oleh penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah yang menyediakan darah ke otak, yang mengakibatkan iskemia - sangat berkurang aliran darah.

Penyumbatan ini sering disebabkan oleh gumpalan darah, yang dapat membentuk baik dalam arteri yang menghubungkan ke otak, atau pembuluh darah lainnya sebelum menyapu melalui aliran darah dan ke dalam arteri sempit di dalam otak. Gumpalan dapat disebabkan oleh timbunan lemak dalam arteri yang disebut plak.

2. Stroke hemoragik

Stroke hemoragik disebabkan oleh arteri di otak yang bocor atau meledak terbuka. Ketika arteri darah bocor, hal ini menempatkan tekanan pada sel-sel otak dan kemudian menyebabkan kerusakan. Pembuluh darah bisa pecah atau menumpahkan darah di tengah-tengah otak atau dekat permukaan otak, mengirimkan darah ke dalam ruang antara otak dan tengkorak.

Pembuluh darah yang pecah ini dapat disebabkan oleh kondisi seperti hipertensi, trauma, obat pengencer darah dan aneurisma (kelemahan pada dinding pembuluh darah).

Perdarahan intraserebral adalah jenis yang paling umum dari stroke hemoragik dan terjadi ketika jaringan otak dibanjiri darah setelah arteri di otak pecah. Perdarahan subarachnoid adalah jenis kedua stroke hemoragik dan kurang umum. Dalam jenis stroke, pendarahan terjadi di dalam ruang subarachnoid - daerah antara otak dan jaringan tipis yang menutupinya.

3. Transient ischemic attack (TIA)

TIA berbeda dari jenis stroke lainnya, hal ini karena aliran darah ke otak hanya sebentar terganggu. TIA mirip dengan stroke iskemik dalam yang sering disebabkan oleh bekuan darah atau kotoran lainnya.

TIA harus dianggap sebagai darurat medis seperti jenis lain dari stroke, bahkan jika penyumbatan arteri bersifat sementara. Jenis stroke ini dianggap sebagai tanda-tanda peringatan untuk stroke di masa depan dan menunjukkan bahwa ada arteri atau gumpalan sumber sebagian diblokir dalam hati.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), lebih dari sepertiga orang yang pernah mengalami TIA, akan mengalami stroke berat dalam waktu satu tahun jika mereka tidak menerima pengobatan apapun. Antara 10-15% akan memiliki stroke berat dalam waktu 3 bulan TIA.

Apa efek dari penyakit stroke ?

Otak adalah organ yang sangat kompleks yang mengontrol berbagai fungsi tubuh. Jika stroke terjadi dan aliran darah tidak dapat mencapai daerah yang mengontrol fungsi tubuh tertentu, bagian dari tubuh tidak akan bekerja sebagaimana mestinya.

Sementara itu, terdapat faktor lain yang dapat menyebabkan mengapa seseorang menderita penyakit stroke. Apa sajakah ?

Faktor risiko gaya hidup

1. Kelebihan berat badan atau obesitas
2. Aktivitas fisik
3. Minuman keras yang berlebihan
4. Penggunaan obat-obatan terlarang seperti kokain dan methamphetamine

Faktor risiko medis

1. Tekanan darah tinggi
2. Merokok
3. Kolesterol Tinggi
4. Diabetes
5. Gangguan tidur
6. Penyakit kardiovaskular, termasuk gagal jantung, kelainan jantung, infeksi jantung atau irama jantung yang abnormal.

Faktor-faktor lain

1. Riwayat keluarga
2. Usia 55 tahun
3. Gender. Pria memiliki risiko lebih tinggi terkena stroke daripada wanita. Perempuan biasanya lebih tua ketika mereka memiliki stroke.

Itulah penyebab penyakit stroke yang dapat Anda ketahui sejak awal untuk membantu mencegah penyakit stroke menyerang Anda.

Source : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/stroke/symptoms-causes/dxc-20117265

Baca juga artikel lainnya :



Apa Saja Penyebab Penyakit Stroke ?

0 komentar:

Poskan Komentar

Recent Posts

Popular Posts

Unordered List

Sample Text

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.